Selasa, 09 Agustus 2011

khasiat Tomat



Makan tomat pada pagi hari ternyata bermanfaat mencegah pembentukan batu dalam saluran kencing. Satu atau dua butir tomat matang dimakan setiap pagi hari selama beberapa bulan, baik bagi anda yang sedang berdiet. Berat tubuh cepat turun tetapi kesehatan tetap terjamin.

Tomat juga ideal untuk pengobatan penderita kencing manis. Segelas penuh sari tomat dicampur dengan sejemput garam dan lada,dimunum setiap pagi, merupakan obat paling aman untuk menyembuhkan mual-mual dipagi hari, ganggan empedu, gangguan hati,sakit pencernaan, sakit kuning, pembentukan gas teralu banyak dalam usus, sembelit, rasa nyeri pada usus dan lambung (maag) dan sakit dada karena hiatus hernia.
Makan tomat setiap pagi dikatakan dapat menyembuhkan penyakit lever, encok, sakit kulit, tuberkulosa dan asma. Buah tomat kaya akan garam kalium dan beberapa vitamin dan dianjurkan untuk dimakan oleh penderita metabolisme dan sakit jantung.

Segelas sari tomat dicampur dengan madu dan sejemput bubuk kapulaga dan diminum setelah menelan 3 siung bawang putih tiap malam sebelum pergi tidur merupakan tonikum berkhasiat dalam penyembuhan tuberkulose dan penyakit dada yang lain. Tomat dapat menambah daya perlawanan tubuh dan mencegah pembentukan daya tahan bakteri terhadap obat-obatan, terhadap kambuhnya bakteri yang biasa terjadi dalam kasus tuberkulose.

Tomat berkhasiat mengurangi kongesit (penyempitan) saluran pernafasan dan mengontrol aliran darah serta mengurangi kejang-kejang urat. Bagi penderita asma, minum sari tomat yang dibubuhi sesendok teh bubuk kunyit, sekali sehari ternyata mengurangi kesulitan bernafas. Sari tomat segar dicampur madu berkhasiat membersihkan darah dan menyembuhkan penyakit kulit yang kronis, menurunkan suhu tubuh pada hari-hari panas atau ketika sedang menderita
demam dan mengatasi rasa bingung, tidak bisa tidur, sembelit dan sebagainya.

Vitamin C dalam tomat menambah kesiapsiagaan mental dan menjaga tubuh serta pikiran agar tetap segar. Sari buah tomat juga dapat diberikan kepada mereka yang baru sembuh dari demam yang berlarut-larut. Bila anda makan sebuah tomat mentahdan segar setelah selesai makan hidangan tanpa sayur, tomat selain mudah mempercernakan makanan, juga untuk mencegah ekstra asam lambung.

Kulit luar tomat dapat dipakai sebagai alat kosmetika. Bila anda mengalami jerawat, salah satu obat untuk mengatasi jerawat adalah buah tomat. Tutuplah wajah anda dengan tomat, biarkan selama satu jam, kemudian cucilah dengan air hangat. Ulangi setiap hari dan jerawat anda akan lenyap.

Isi bijinya yang dipanggang dpaat mencegah pecahnya bisul dan sekaligus penyembuhannya. sari dari seluruh tanamana tomat, dicampur dengan minyak wijen yang sama jumlahnya, didihkan sampai air menguap dan tinggal minyaknya. Gunakanlah untuk memijat sandi tulang yang keseleo, lalu kompreslah dengan kompres hangat. Daun tomat juga dapat dimakan sebagai sayur dan berkhasiat bagi penderita encok dan sabagainya. Bunga tomat yang dipanggang bila dimakan akan dapat menyembuhkan gangguan pencernaan dan terlalu banyak gas adalam peru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar