Rabu, 26 Januari 2011

Manfaat Tidur Siang Membuat Lebih Pintar!


Tentu sebagian dari kita masih ingat betul, diwaktu kecil sering bandel jika disuruh orang tua tidur siang, eh… sekarang giliran kita sudah dewasa harus pandai-pandai memanfaatkan waktu dengan baik agar dapat tidur siang. Dengan memejamkan mata beberapa menit sudah cukup sangat membantu kita agar dapat berpikir lebih fresh. Tapi yang sangat disayangkan tidak semua orang dapat tidur dengan mudah, terlebih jika harus memaksakan tidur di tempat kerja. Nah, makanya bagi kita yang diberi anugrah kemampuan dapat dengan mudah terlelap, beruntung banget tuh dapat tidur dimana saja dan kapan saja (biasanya orang ndut tuh he3 tapi gak juga kok).
Penelitian baru yang dikutip dari Kompas nih, selain dapat membuat kondisi fisik tubuh agar lebih fresh setelah setengah hari menjalankan rutinitas kerjaan, ternyata dengan tidur siang juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan konsentrasi loeh. Dari penelitian tersebut durasi tidur siang kurang dari 30 menit sudah cukup dapat membantu menyehatkan otak kita bahkan juga dapat menghindari stress jika dilakukan secara berkesinambungan dan teratur. Yah, memang direkomendasikan sebisa mungkin dilakukan dalam durasi waktu 1 jam, tapi tahu sendiri jam istirahat kantor pendek, belum makan, belum sholat dzuhur, (belum juga mandi cikaka sekalian aja balik ke rumah bercanda).
Dan sebagai informasi tambahan lagi nih, jika manfaat tidur siang sangat bagus bagi kesehatan, maka sebaliknya jika dalam kondisi ngantuk tapi mata tetap dipaksakan untuk melek (alias seperti kebiasaan begadang), akan dapat menimbulkan efek negatif yaitu mengurangi kinerja otak kita ketika diajak berpikir (mungkin ini kali yah kenapa Hansip dikompleks males bawaan-nya he3).
Secara lebih exact-nya, dari penelitian yang dipimpin oleh Matthew Walker di UC Berkely tersebut, jika kita sering melakukan kebiasaan begadang, menurut kalkulasi riset diperkirakan dapat mengurangi kemampuan otak untuk menerima informasi yang baru hingga mencapai angka 40 persen. Hal ini disebabkan karena sewaktu otak kehilangan waktu yang seharusnya istirahat maka akan memicu penutupan bagian-bagian otak itu sendiri. (wah kapok deh begadang hikz…).
Penelitian ini ternyata sudah memang terbukti loeh. Karena banyak pemimpin-pemimpin dunia yang notabene terkenal dengan kepintarannya selalu berusaha untuk meluangkan waktunya untuk tidur siang dan bangun pagi. Seperti Mantan Perdana Mentri Inggris Margaret Thacher yang memiliki kebiasaan tidur cukup 4 jam di malam hari dan selalu menyempatkan tidur siang beberapa menit. Mantan Presiden RI Habibie juga memiliki kebiasaan tidur siang, hal yang sama juga dilakukan oleh Bill Clinton

Tidak ada komentar:

Posting Komentar